Pages

Pikiran Sadar Dan Pikiran Bawah Sadar


Jika kita memperhatikan seorang ahli hipnotis maka ia pasti akan selalu mengatakan tentang pikiran dan menyatakan bahwa pikiran manusia ada 2 yaitu pikiran sadar dan pikiran bawah sadar.
Apakah pikiran bawah sadar itu pikiran mabuk atau tak terkendali? sama sekali bukan justru pikiran bawah sadar itu lebih sadar dan memiliki potensi sangat besar dibandingkan dengan pikiran sadar.
Okelah dari pada semakin bingung, saya ada cerita untuk mengetahui perbedaaan dan cara kerjanya. Pikiran sadar itu seperti seorang kapten kapal uap (kuno). Ia memberikan perintah-perintah kepada orang-orang dikamar mesin yang mengatur semua ketel-ketel uap, mesin dan instrumen lain. Orang-orang dikamar mesin tidak tahu kemana kapal itu berlayar. Mereka hanya mengikuti perintah-perintah kapten yang berada di atas kapal. Mereka bekerja sesuai dengan perintah yang diberikan oleh kapten, tidak peduli apakah kapal itu menabrak karang atau tidak. Karena mereka patuh secara otomatis. Anak buah kapal tidak membantah kapten, mereka hanya ikut perintah.
Kapten adalah tuan dari dalam kapalnya, dan perintahnya dijalankan. Seperti itulah pikiran sadar anda adalah kapten dan tuan dari kapal(diri) anda, yang mewakili badan anda, lingkungan dan keadaan. Tapi perlu diingat bahwa kapten dalam memberikan intruksi hanyalah melalui panel-panel yang bisa dimengerti oleh anak buah kapal. Jadi kesimpulannya menjadi kapten juga bukan semudah membalik telapak tangan. Tentunya penerapan ini berlaku antar pikiran sadar dan pikiran bawah sadar.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts